Panduan Cara Menanam Bunga Tulip Di Daerah Tropis Seperti Indonesia - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Panduan Cara Menanam Bunga Tulip Di Daerah Tropis Seperti Indonesia

Bawangbawangan.com - Bunga tulip merupakan bunga yang istimewa dan memiliki pesona tersendiri dibanding bunga lainnya.   bunga tulip ini banyak di budidyakan oleh pecinta tanaman di eropa.

 Bunga tulip ini memiliki aneka ragam dan macam-macamnya.  Sehingga membuat para hobi tanaman di tanah air ini banyak pula yang ingin membudidayakan atau menanam bunga tulip ini.

Namun, pertanyaanya Dapatkah bunga tulip ini di tanam , di budidyakan dan di kembangkan di indonesia ?

Bagaimana cara menanam bunga tulip dan membuatnya berbunga indah meski dibudidayakan di tempat tropis setropis Indonesia? Untuk mengetahuinya kitya bisa simaklah pemaparandi bawah ini :
Panduan Cara Menanam Bunga Tulip Di Daerah Tropis Seperti Indonesia
Panduan Cara Menanam Bunga Tulip Di Daerah Tropis Seperti Indonesia

 

Cara Menanam Bunga Tulip di Indonesia

Meskipun bunga tulip itu biasa dengan baik tumbuh di daerah yang bermusim subtropis,namun ternyata juga bisa tumbuh dengan baik di wilayah yang bermusim tropis seperti di indoensia ini.  karena banyak orang yang sudah berhasil dengan baik menanam bunga tulip ini.

Kunci sukses dalam budidaya bunga tulip di wilayah tropis hanyalah terletak pada tempat budidaya.

Jika bunga tulip ditanam di dataran rendah yang mempunyai suhu udara tinggi, jangan harapkan bunga tulip sanggup berbunga, untuk tumbuh saja mungkin itu akan sangat sulit bagi tulip.

Namun, jika tulip ditanam di tempat dataran tinggi, maka peluang bagi bunga tulip ini sanggup hidup dan berbunga dengan sangat cantik.
Adapun panduan dalam budidaya bunga tulip yang bisa sobat bawangbawangan.com coba sendiri di rumah adalah sebagai berikut ini :

Tahapan Pertama dalam budidaya tulip  : Siapkan Benih bunga Tulip

Tahapan pertama yang harus sobatlakukan dalam budidaya bunga tulip tentunya ialah menyiapkan benihnya terlebih dahulu. Ya, tanpa benih, bunga tulip tentu tidak bisa dibudidayakan.

Adapun untuk memperoleh benihnya, Sobat bisa memperolehnya dengan membeli di beberapa toko online. Ya, beberapa toko benih online sekarang banyak yang sudah menyediakan bibit bunga tulip.

Panduan Cara Menanam Bunga Tulip Di Daerah Tropis Seperti Indonesia

Perlu diketahui bahwa benih bunga tulip hanya sanggup berkecambah jikalau ia diletakan dalam tempat yang bersuhu dingin.

 Sobat bisa meletakannya di dalam lemari es disertai dengan perendaman air, supaya tunasnya mau tumbuh dan siap tanam. Penyimpanannya sendiri tak lebih dari 2 minggu, atau sesudah tunas tumbuh sepanjang 1 cm.

Tahap Kedua Dalam Menanam Bunga Tuluip : Siapkan Media Tanam

Setelah Sobat memiliki benihnya, Sobat bisa melaksanakan persiapan media tanam. Yang perlu diingat dalam hal ini yaitu bunga tulip menyukai tempat bersuhu rendah, tapi ia tak sanggup hidup di tanah yang terlalu lembab.

Oleh sebab itu, dalam menyiapkan media tanam untuk budidaya bunga tulip sobat musti pertimbangkan tingkat porositas tanah dan drainasenya.

Adapun untuk memperoleh media tanam yang proporsional untuk pertumbuhan bunga tulip, yang harus dilakukan antara lain:
  1. Membuat lapisan bawah media tanam memakai  kerikil atau bebatuan yang kecil setebal 3 cm.
  2. Membuat lapisan tengah media tanam memakai gabungan tanah topsoil, pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan  3:2:1 dibentuk setebal 25 cm.
  3. Membuat lapisan atas media tanam dengan pasir garang setebal 1 cm.
  4. Lapisan media tanam ini sanggup diletakan di atas bedengan di pekarangan rumah Anda, atau di dalam pot.

Tahap Ketiga : Cara Menanam Bunga Tulip

Setelah benih mulai berkecambah dan media tanam bunga tulip sudah siap, Sobat bisa langsung menanamnya sendiri. Untuk penanaman di pekarangan (tanpa pot) gunakan jarak tanam 12 – 15 cm x 12 – 15 cm dan lubang tanam 15 cm, sedangkan untuk penanaman dalam pot, taruh 1 kecambah dalam satu pot.

Yang perlu diingat dalam penanaman yaitu posisikan kecambah supaya calon tunas akarnya menghadap ke bawah dan calon tunas batangnya menghadap ke atas. Jangan terbalik.

Benih tulip ini harus disiram setiap hari jikalau ditanam di animo kemarau sedangkan jikalau di animo hujan, Maka benih harus di jaga supaya tetap mendapat sinar matahari.

Panduan Cara Menanam Bunga Tulip Di Daerah Tropis Seperti Indonesia

Tahap Keempat dalam budidaya tulip: Perawatan Bunga Tulip

Sesudah bunga tulip di tanamkan dalam usia tiga mingguan, benih akan mulai tumbuh dan tunasnya sudah bisa dilihat.

Dalam masa ini, penyiraman tetap dilakukan seperlunya dan sesudah berumur 1,5 bulan, pemupukan pertama sanggup pribadi dilakukan.

Pupuk yang dipakai dalam budidaya bunga tulip yaitu pupuk kandang atau pupuk NPK mutiara.

Sedangkan Pemberian pupuk dilakukan secara bertahap, jikalau pupuk yang diberi yaitu NPK, berikan 2 sendok makan saja setiap tanamannya.

Tahap Kelima : Panen Bunga Tulip

Setelah dirawat selama 8 bulan, tumbuhan yang sudah sobat tanam akan mulai berbunga. Adapun untuk merangsang pembungaan, letakan, tumbuhan ini dibawah sinar matahari pagi selama 1 jam. Sedangkan jikalau ditanam dilahan, pemberian naungan berupa rumah jaring diharapkan untuk mengurangi penguapan dikala siang.

Bunga akan mekar selama tiga mingguan dan mahkota bunganya ti. Nah, pada dak akan berguguran saat itu. masa sebelum mahkotanya rontok inilah, bunga tulip sebaiknya segera dipotong, diawetkan, atau bisa segera dijual.

Iitulah Tahapan-tahapan panduan cara menanam bunga tulip dan cara merawatnya sampai berbunga.

Bunga tulip terbukti bisa di tanam dan dibudidayakan di Indonesia secara baik, oleh sebab itu, hal ini tentu bisa menjadi peluang bisnis baru di Indonesia. Sebab kebanyakan orang indonesia untuk memiliki bunga tulip biasa mendatangkan dari luar negeri.


Back To Top