Cara Menanam Sawi Hijau - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Menanam Sawi Hijau

Cara Menanam Sawi Hijau, BawangBawangan.Com - Sayuran sawi amat populer di kalangan semua orang. Sawi itu Merakyat, sebab dari golongan ekonomi manapun sangat menyukai sayuran sawi ini.
Sayuran sawi banyak dijual di supermarket hingga pasar tradisional. Bernama latin Brassica rapa kelompok dari parachineses, harganya sangat murah meriah.

Adapun kandungan gizi yang terkandung dalam sayuran sawi adalah sebagai berikut : Serat, kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 & vitamin C.
Adapun Mengkonsumsi sayuran sawi khasiatnya, Antara lain : Mengurangi produksi asam lambung, menyuburkan rambut, meningkatkan vitalitas dan masih banyak lagi.

Cara Menanam Sawi Hijau
Cara Menanam Sawi Hijau Via youtube.com


Cara Menanam Sayuran Sawi Hijau


Tertarik ingin menanam sayuran sawi ? Berikut cara-cara menanam sawi !
·         Pembenihan Sawi  Hijau

Pilihlah bibit yang baik. Cari yang masih terbungkus alumunium foil, serta warnanya coklat kehitaman dengan permukaan licin.

Jika hendak ditaman di lahan luas, timbang sebanyak 750 gram/ hektar tanah. Bila di pekarangan saja, cukup 2 sendok makan. 

Sawi hijau dapat dipanen setelah 70 hari. Penanamannya harus dipisah antara pembibitan dan penanaman lainnya.

·         Penyemaian Tanaman Sawi Hijau

Rendam benih selama 6-12 jam. Pilih yang tenggelam untuk ditanam, lalu keringkan. Sediakan pot atau pollybag, isi dengan tanah humus dan pupuk organik dengan perbandingan 1:3, tabur benih di atasnya.

Setiap pollybag, hanya boleh diisi 5-10 biji, lalu siram setiap hari secara rutin. Letakkan di tempat sejuk, dan terlindung dari sinar matahari. 

·         Persiapan Lahan Tanaman Sawi Hijau

Gemburkan tanah dengan cangkul, bertujuan untuk memperbaiki struktur tanah dan buatlah bedengan sesudahnya. Basmi gulma atau rumput pengganggu lain. Cangkul lagi sedalam 20-40 cm, tambahkan pupuk organik ke dalam tanah guna memperbaiki fisik dan kandungan tanah.


Pada bagian ini, pilih lahan terbuka mendapat sinar matahari cukup. Kebalikan saat menyemai benih yang membutuhkan tempat teduh.

·         Penanaman Tanaman Sawi Hijau

Setelah bertunas, angkat perlahan dan hati-hati bibit-bibit sawi dari pot persemaian. Berikut cara menanamnya di lahan : Tanam di lahan berkisar 40-50 cm dengan kedalaman 7-13 cm, lalu timbun dengan kompos hingga menutupi batangnya.


·         Perawatan Tanaman Sawi Hijau

Dalam merawat tanaman sawi hijau yang perlu di lakukan meliputi :
-          Penyiraman
-          Penjarangan (mencabut pohon yang terlalu rapat)
-          Penyulaman
-          Penyiangan
-          Pemupukan
-          Pembasmian hama.

Itulah panduan singkat dari kami, cara menanam, merawat tanaman sayuransawi hijau yang dapat anda coba di rumah, semoga bermanfaat.

Back To Top