Cara Menanam Rumput Gajah Mini - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Cara Menanam Rumput Gajah, BawangBawangan.com‭ ‬-‭ ‬Rumput gajah mini yang bernama latin Pennisetum Purpureum Schamach.‭ ‬Merupakan salah satu tanaman penghias dekorasi halaman rumah.‭ ‬Indah dan juga eksotis,‭ ‬menyerupai karpet hijau menyejukkan mata.‭

Cara menanamnya juga terbilang mudah.‭ ‬Rumput ini hanya membutuhkan tanah yang subur untuk ditempati.‭ ‬Penasaran‭? ‬Ini dia

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Rumput gajah adalah salah satu rumput yang digunakan sebagai pakan hijauan yang kualitasnya sangat baik untuk peternakan seperti halnya hewan kerbau sapi lembu domba dan lain sebagainya. Laju pertumbuhan rumput gajah ini cukup cepat. Tanaman rumput ini mempunyai Respon yang tinggi terhadap tanah yang subur. Jika tanaman rumput gajah ini dirawat dengan baik dan benar salah satunya dilakukan pemotongan secara rutin maka pertumbuhannya akan menjadi lebih cepat dan lebih baik serta lebih banyak.

Rumput gajah itu dapat ditanam secara tumpang sari bersama dengan jagung atau singkong. Tanaman rumput gajah ini bisa berfungsi untuk mengurangi terpaan hembusan angin pada tanaman pokok seperti jagung, singkong dan lainnya.

Penanaman rumput gajah bisa dikerjakan atau dilakukan di ladang, pematangan dan guludan. Namun harus tetap memperhatikan keadaan tanah yang cukup mendukung pertumbuhan rumput gajah ini.

Cara menanam rumput gajah bisa menggunakan stek batang atau kepingan rumpun. Sebaiknya dalam penanaman rumput gajah menggunakan bibit rumput gajah yang kualitasnya bagus Sehingga nantinya menghasilkan perkembangbiakan rumput gajah yang juga baik.

Rumput gajah yang ditanam di lahan yang sesuai dengan pertumbuhannya bisa berkembang dan tumbuh tinggi hingga 2 m.

Adapun Pupuk yang digunakan untuk perkembangbiakan rumput gajah adalah pupuk yang mengandung unsur fosfor,kalium dan juga nitrogen. Karena pupuk yang semacam ini sangat bagus untuk pertumbuhan rumput gajah.

Namun tidak kalah pentingnya dalam merawat pertumbuhan rumput gajah adalah melakukan pemotongan secara berkala dan teratur

Setelah rumput gajah tumbuh dengan baik dan kualitasnya juga baik. Maka sebaiknya melakukan penjagaan terhadap kualitas rumput gajah itu sendiri sesudah berumur 3 hingga 4 tahun yang harus dilakukan peremajaan terdapnya.


Baca Juga :  Cara Menanam Jagung Manis

Cara Menanam Rumput Gajah Mini
Cara Menanam Rumput Gajah Mini

 

Cara Menanam Rumput Gajah Mini


Persiapan Lahan‭ ‬/‭ ‬Halaman untuk Rumput Gajah

Perhatikan halama rumah Anda,‭ ‬apakah cukup subur ataukah gersang.‭ ‬Bila memang sudah baik artinya subur bila ditanami,‭ ‬maka mulailah untuk mencangkul guna menggemburkan tanah.‭ ‬Gemburkan sedalam‭ ‬5‭ ‬hingga‭ ‬10‭ ‬cm dan ratakan kembali tanah tersebut.

Namun bila memang belum subur bisa diberikan pupuk terlebih dahulu,‭ ‬lalu diamkan selama seminggu setelah itu dicangkul.‭ ‬Atau bila dalam keadaan tandus,‭ ‬bisa dibelikan tanah subur seperti tanah merah/latosol,‭ ‬untuk menutup tanah halaman sebelum ditanami.‭

Waktu menanam yang baik,‭ ‬adalah di awal musim penghujan,‭ ‬supaya tanaman langsung mendapat asupan air dan terhindar dari kekeringan.‭ ‬Kemudian belilah rumput gajah mini kepada penjual bunga,‭ ‬di mana harganya sangat bervariasi,‭ ‬sekitar‭ ‬20-25‭ ‬ribu rupiah permeter persegi.‭
jenis rumput gajah pakan ternak
Jenis Rumput gajah pakan ternak

Cara Menanam Rumput Gajah Mini


Sobeklah rumput menjadi potongan-potongan kecil sepanjang kurang lebih sekitar‭ ‬5‭ ‬cm.‭ ‬Lalu tanamlah ke tanah,‭ ‬usahakan semua akarnya tertutup terapkan pola zigzag,‭ ‬untuk mendapatkan hasil yang maksimal.‭ ‬Agar kuat dan menyatu pada tanah,‭ ‬sebaiknya pukul secara perlahan rumput setelah ditutup dengan tanah galian.‭ ‬Tindihlah dengan balok kayu,‭ ‬setelah rata dengan tanah,‭ ‬bisa diangkat kembali.‭

Cara lain,‭ ‬dapat melalui penancapan sedikit perakaran getah.‭ ‬Beri tekanan agar terikat tanah,‭ ‬lalu timbun di sela-sela tanaman supaya tidak bergeser,‭ ‬jarak tanamnya disesuaikan kebutuhan.‭ ‬Lakukan dengan hati-hati dan cermat,‭ ‬usahakan semua akar tertutup sempurna oleh tanah.
rumput gajah odot
Jenis rumput gajah odot

Cara Merawat Rumput Gajah Mini


Perawatan dapat dilakukan dengan cara pemupukan mulai‭ ‬2‭ ‬minggu,‭ ‬bila memang diperlukan berilah pupuk NPK,‭ ‬untuk merangsang pertumbuhan.‭ ‬Adapun penyiraman dikerjakan pada waktu pagi dan sore hari.‭ ‬Sedapat mungkin jangan diinjak terlebih dahulu,‭ ‬bersihkan gulma bila ada dan‭  ‬perhatikan pencahayaannya,‭ ‬harus mendapat sinar matahari cukup.

Baca Juga :  Cara Menanam Nanas

 Rumput Raja

RUMPUT RAJA
RUMPUT RAJA

Rumput raja seringkali dinamakan sebagai king gress.  Rumput  yang sejenis dengan rumput gajah mini merupakan Persilangan antara rumput yang berjenis unggul.

Rumput Raja bisa hidup pada dataran yang rendah sampai dataran yang tinggi. Rumput raja yang ditanam di dataran yang rendah mempunyai luas daun yang lebih besar daripada rumput raja yang ditanam di dataran tinggi seperti pegunungan.

Rumput Raja mempunyai produktivitas yang lumayan tinggi. Rumput raja bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 3 sampai 4 meter.

Cara menanam rumput raja bisa ditanam dengan memakai stek batang atau sobekan akar-akar. Selain dari itu cara menggunakan bibit unggul juga kerap dilakukan. Namun diperlukan juga pengolahan lahan dan cara merawat yang baik sehingga produktivitas rumput Raja ini bisa Lebih bagus yang memuaskan.

Back To Top