Jenis-Jenis Bawang Putih di Indonesia - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Jenis-Jenis Bawang Putih di Indonesia

Jenis-Jenis Bawang Putih, Bawangbawangan.com - Bawang putih adalah salah satu rempah-rempah yang hampir selalu ada dalam masakan di indonesia.  Selain penambah lezat pada makanan, bawang putih juga mampu menambah aroma sedap pada olahan masakan.

Banyak orang yang biasa membeli bawang putih di pasar atau berada di dapur untuk mengolah bawang putih sebagai bumbu masakan, baik dengan cara menggunakan bawang putih sebagai bumbu dengan di tumbuk terlebih dahulu atau juga dengan di iris-iris menjadi bagian terkecil untuk di goreng. Namun, banyak pula dari mereka yang tidak mengerti jenis-jenis bawang putih dan juga nama-nama dari bawang putih.

Hal itu wajar sekali, karena memang secara performa dan warnanya bawang putih dalam semua jenis hampir sama, Namun berbeda sebab ada jenis bawang putih yang bernama sin chung atau sincu, bawang putih kating, bawang putih lokal dan juga bawang putih internsional serta bawang putih jantan atau lanang.

Jenis-Jenis Bawang Putih di Indonesia


1. Jenis Bawang putih kating

Bawang putih kating disebut sebagai bawang kating karena mengikuti  dari nama asal imporannya, bawang kating yang ada di indonesia umumnya di impor dari negara china.
Bawang putih kating mempunyai ciri-ciri :
Kerompolnya berukuran lebih kecil, tapi siung-siungnya nampak besar-besar.
Bagian dagingnya lebih basah dan juga padat, sedangkan pada bagian kulit luarnya nampak putih bersih seputih kertas.
Jenis bawang kating
Jenis bawang kating

Jenis bawang putih kating ini di indonesia termasuk bawang putih yang cukup besar peminatnya, terutama oleh orang-orang kota yang notaben-nya sebagai priyayi. karena jenis bawang ini memilik aroma yang di percaya lebih ssedap dan rasa yang lebih gurih, namun jenis bawang kating ini tidak kuat bertahan lama, yakni cepat busuk. oleh karenanya orang-orang kampung lebih suka memilih jenis bawang sinchung dan jenis bawang putih biasa.

2. Jenis Bawang putih shin chung

Bawang putih sin chung ini merupakan juga jenis bawang putih impor yang juga cukup di diminati masyarakat indonesi. Apalagi bagi orang-orang desa dan orang kampung lebih memilih jenis bawang putih ini karena lebih awet dan harganya juga lebih murah dari pada jenis bawang putih kating.
Jenis Bawang putih sin chung
Jenis Bawang putih sin chung
Meski bawang putih shin chung beraroma dan memiliki rasa sedap yang masih di bawah bawang putih kating , Namun bawang putih shin chung ini menjadi pilihan ibu-ibu saat ada hajatan besar dan juga saat jenis bawang kating harganya naik tinggi.

Uniknya jenis bawang putih sin chung dan bawang putih kating memiliki ciri-ciri yang berlawanan, Sebab jenis bawang putih shin chung ini bercirikan kerompolnya berukuran lebih besar dari bawang  kating, Namun siung-siung nya berukuran kecil-kecil. Tetapi, Jika dilihat dari segi karakteristik dan tekstur umbi-umbinya masih nampak sama.

3. Jenis Bawang Putih Lokal

Bawang lokal alias bawang putih hasil panen asli indonesia masih tergolong belum bisa sukses untuk memenuhi kebutuhan bawang putih sebagai bumbu masyarakat indonesia. Petani indonesia dan pemerintah di harapkan untuk bisa memajukan petani indonesia agar indonesia tidak terus menerus import dari negara lain.
Jenis Bawang Putih Lokal
Jenis Bawang Putih Lokal via sentrasayur.blogspot.com
Bawang putih lokal sampai sekarang masih jarang di temui di pasaran. Akan tetapi, jika bawang imporan seperti jenis bawang kating dan bawang sinchung di atas harganya mahal seperti saat lebaran, natal dan hari-hari besar lainnya, maka bawang putih lokal ini biasanya justru nampak dan tersebar di pasaran. Sebetulnya bawang putih lokal tidak jauh kalah dari segi kualitas rasa dan aromanya dengan bawang putih imporan. Hanya saja jenis bawang putih lokal dari segi bentuk dan warnnya lebih kecil dan lebih kumal dari bawang putih imporan. Sehingga kurang meyakinkan ibu-ibu untuk mengolahnya.

4. Jenis Bawang putih Jantan/Tunggal/Lanang

Jenis bawang putih jantan ini memiliki perbedaan dari segi bentuknya, keistimewaannya dan khasiatnya. bawang putih jenis jantan atau tunggal ini dari segi bentuknya hanya terdiri dari satu siung dan tidak berkerompol. Oleh karenanya bawang putih jenis ini di namakan sebagai bawang putih tunggal dan juga bawang putih jantan atau lanang karena di anggab tidak bisa beranak pinak. Namun dari segi khasiat dan manfaatnya bawang putih jenis tunggal ini di percaya memiliki kekuatan 10 kali lipat dari bawang putih selainnya.
jenis bawang putih tunggal
jenis bawang putih tunggal
Sehingga bawang putih ini lebih banyak di manfaatkan dalam dunia kesehatan dari pada dunia perdapuran.

Bawang putih jenis tunggal ini dipercaya dapat untuk menyembuhkan banyak penyakit dan meningkatkan kesehatan seperti untuk mengobati hipertensi, mengatasi kolestrol, menyembukan kanker, meningkatkan stamina pria dan lain sebagainya.


Back To Top