Cara Menanam Anggur dari Biji - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Menanam Anggur dari Biji

Cara menanam anggur dari bijiBawangbawangan.com - Apakah Anda penyuka buah anggur dan bermaksud ingin menam buah anggur daris biji sendiri di rumah ? Buah anggur memang terkesan mewah dan harganya juga ada yang bisa mencapai ratusan ribu perkilonya.

Buah Anggur di percaya mampu mencegah terbentuknya sel kangker dan berbagai macam penyakit lain, sebab senyawa polifenol, reveratol dan antikoksidan yang dikandungnya.

Dalam menanam anggur dari biji, Untuk dapat tumbuh dengan baik, buah anggur membutuhkan iklim atau cuaca yang mendukung pertumbuhannya. Selain itu keadaan tanah sebagai media untuk tumbuh. Jika dua hal tersebut ada pada lingkungan Anda, silakan mencoba menanam dengan cara biji!

Video Cara Menanam Buah Anggur Di Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat

Cara Menanam Anggur dari Biji


Memilih Bibit Unggul
Kriterianya mudah dirawat, cepat berbuah dalam jumlah banyak dan rasanya manis. Caranya : Rendam biji anggur dalam air bersih semalaman. Tujuannya untuk menghilangkan lendir juga kotoran lain yang masih menempel. Perhatikan setelah esok hari, bila ada yang mengapung  tandanya biji kurang baik, harus dibuang, setelah itu dikeringkan terlebih dahulu.

Media Persemaian 
Persiapan alat :
- Toples bening transparan
- Kapas atau tisue bersih
- Air secukupnya

Persemaian dilakukan, sebelum ditanam pada area terbuka atau media tanam pollybag. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

- Lubangi tutup toples 
- Basahi kapas atau tisue dengan air secukupnya, tidak menetes tapi bila diperas dapat mengeluarkan air. 

Video Panduan Cara Menanam Anggur Dari Biji yang Benar


Cara yang baik untuk membasahi, yaitu dengan menggunakan air bekas cucian beras
- Dalam toples, atur kapas atau tissue, kemudian letakkan biji-biji anggur tersebut satu persatu tapi jangan sampai berhimpitan, supaya nanti mudah diambil pada saat akan dipindah dan ditanam di lahan
- Segera tutup toples dengan penutup yang telah dilubangi, lalu letakkan pada tempat yang teduh dan terlindung dari cahaya matahari
- Biasanya benih anggurakan mengalami perubahan, misalnya tumbuh akar dan daun setelah masa sekitar 7 sampai 15 hari
- Ambil dan pisahkan secara hati-hati, sebelum kemudian dipindah ke lahan kosong yang baru. Ingat jangan lupa untuk membuat tiang penyangga, sebab anggur termasuk jenis tanaman merambat

Itulah sedikit wedaran Cara Menanam Anggur dari Biji yang dapat kami sampaikan kali ini.

Back To Top