Cara Menanam Semangka Di Musim Hujan - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Menanam Semangka Di Musim Hujan

Cara MenanamSemangka Di Musim Hujan, Bawangbawangan.com - Menanam semangka di musim hujan itu membutuhkan cara tersendiri di banding ketika kita menanam semangka di musim kemarau, sebab saat musim hujan kebu, tegalan atau sawah yang kita tanami tanaman akan tergenangi banyak air.

Menanam semangka di musim hujan bisa menyebabkan semangka yang kita tanam akan membusuk akibat banyaknya air yang menggenangi tanah yang di cocoki tanaman semangka.

Tanah di musim hujan akan berubah menjadi lembab yang berkepanjangan dan otomatis tanaman semangka akan membusuk. Apalagi jika tanaman semangka sudah mulai mengeluarkan buahnya.

Jadi, jika hendak menanam semangka di musim hujan, kita harus tahu tips dan trik menanam semangka pada musim hujan agar supaya tanaman semangka yang kita tanam berhasil, tidak gagal panen atau tidak merugikan.
Cara Menanam Semangka Di Musim Hujan
Cara Menanam Semangka Di Musim Hujan

Cara Menanam Semangka Di Musim Hujan


Menanam semangka pada musim hujan agar berhasil tentunya harus mengetahui tata cara menanam dan merawat semangka yang baik dan benar sekaligus mengetahui kendala-kendalanya dan cara menanggulanginya. Mungkin jika menanam semangka di musim kemarau, permasalahannya adalah kurangnya air yang tersedia di lawah tanaman semangka.Dan cara mengatasinya mudah cukup mengalirkan air dari sungai, atau lainnya dan juga menyirami tanaman semangka secara teratur sesuai yang di butuhkan tanaman semangka.
Cara Menanam Semangka Di Musim Hujan
Cara Menanam Semangka Di Musim Hujan

Panduan Cara Menanam Semangka Di Musim Hujan


Sistem Bedengan pada Tanaman Semangka
Cara menanam tanaman semangka pada musim hujan sangat bagus sekali jika menggunakan plastik mulsa, sebab keberadaan plastik mulsa secara umum sangat bermanfaat bagi tanaman, baik pada tanaman yang ditanam pada musim penghujan dan juga di musim kemarau.
Plastik Mulsa memiliki beberapa manfaat bagi tanaman, khususnya untuk tanaman semangka.
Di antara manfaat plastik mulsa untuk tanaman semangka. Antara lain :
-          Plastik mulsa berguna untuk menutupi lahan tanah semangka agar tidak terlalu basah akibat hujan yang lebat.
-          Plastik mulsa bagi tanaman berguna untuk mengatur kadar air tanah atau tingkat kebasahan tanah.



Sistem Plastik Mulsa pada Tanaman Semangka
Maksud dari membuat bedengan-bedengan lahan yang di tanami tanaman semangka,antara lain untuk mengurangi dan mencegah terjadinya banjir pada lahan dan akar tanaman semangka, khusunya jika pada musim hujan yang notabennya hujan terus menerus.
Jadi ketika curah hujan lebat, air hujan bisa langsung turun ke dalam parit atau kedukan sebelah bedengan-bedengan yang di tanami semangka. Hal itu sangat bagus sekali bagi tanaman semangka, karena sedikit banyak air yang tertampung ke dalam parit jika hujan mulai jarang dan sesuai dengan yang di butuhkan tanaman semangka.

Mencegah Serangan Hama Penyakit  Tanaman Semangka
Hama dan penyakit yang menyerang tanaman semangka biasanya lebih kerap menyerang pada saat musim penghujan.

Langkang yang tepat untuk mengatasi hama dan penyakit yang menyeran. Kita kenali dulu macam-macam hama penyakit yang biasa menyerang pada saat musim hujan tiba.

Sehingga kita tidak kaget ketika semangka kita di serang oleh hama penyakit yang biasa menyerang tanaman semangka dan langsung bisa mengatasinya serta dapat menanggulangi atau mencegah datangnya hama penyakit yang menyerang tanaman semangka Kita.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Cara Menanam Semangka Di Musim Hujan, yang bisa kami bagikan di blog bawangbawangan.com in
Tag : Cara Menanam

Back To Top