Cara Menanam & Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Menanam & Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana

BawangBawangan.Com - Menanam secara hidroponik merupakan teknik dan cara menanam tanaman yang di lakukanoleh manusia modern. cara menanam secara hidroponik merupakan cara menanam yang tidak wajar dan hanya berlaku pada tanaman sayuran dan bunga-bungaan. 

Sebab menanam secara hidroponik adalah menanam tanaman tanpa menggunakan tanah. menanam secara hidroponik adalah menanam dengan menggunakan air saja. Sehingga kebanyakan tanaman yang di tanam secara hidroponik itu seperti sayur kangkung,bayam,sawi dll.

Adapun para pelaku yang menanam tanaman secara hidroponik adalah masyarakat yang hidup di kota, dimana mereka tinggal di lingkungan yang padat penduduk dan lahan sempit. sehingga sedikit sekali tanah kosong yang bisa di tanami tanaman. oleh karena itu masyarakat perkotaan kebanyakan menanam tanaman dengan sistem hidroponik tanpa tanah di pot-pot mereka.

Selain itu, tanaman yang di tanaman secara hidroponik bisa ditanam dengan memanfaatkan barang-barang bekas misalnya kaleng bekas cat, kaleng bekas susu, pipa paralon, botol plastik, dan lain sebagainya dengan membentuk seperti tingkat-tingkat, sehingga lebih hemat lahan atau tempat dan juga ramah lingkungan.

Kualitas dan mutu tanaman sayuran yang dihasilkan dari sistem hidroponik juga tidak kalah dengan menanam tanaman dengan cara biasa yakni menanam tanaman di kebun atau tanah yang luas.

Video Cara Menanam SISTEM Hidroponik

Cara Menanam Tanaman Secara Hidroponik  

Cukup membeli bibit tanaman dan nutrisi misalnya pupuk sebagai modal awal dan Kita sudah bisa menikmati hasil panennya 3-5 kali panen.

Menanam tanaman memakai sistem hidroponik, harus lebih memperhatikan media tanam dan nutrisinya. 

Sebaiknya media tanam memiliki poros yang cukup supaya air dan nutrisi lansung bisa terserap secara baik sehingga akar sebagai penopang tumbuhan menjadi kuat dan kokoh.

Menanam Tanaman Sistem Hidroponik Sederhana

Berikut di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai tahapan-tahapan dalam menanam tanaman dengan cara sistem hidroponik sederhana :

Cara Pembibitan dan Cara Penyemaian Tanaman dengan Sistem Hidroponik

Hidroponik Sederhana

Semaikan benih atau bibit yang akan ditanam terlebih dahulu dengan memakai media rockwool, yaitu semacam kerikil vulkanik yang sudah dipanaskan sebelumnya sehingga steril dari hama tanaman.

Lalu Tanam benih sekitar 2-3 benih untuk setiap rockwool memakai pinset. Basahi rockwool yang telah diberi benih lalu letakkan di tempat gelap dan tunggu hingga berkecambah.

Sesudah itu pindahkan ke tempat terang namun hindari sinar matahari langsung, dan sirami dengan air pada tiap pagi dan sore secukupnya. Tunggu kira-kira sekitar 1-2 minggu, sesudah tumbuh, maka tumbuhan siap untuk dipindahkan ke media tanam.


Pembuatan Media Tanam dalam Sistem tanam Hidroponik

Untuk media tanam Kita bisa memanfaatkan bungan sekam bakar dan pasir kerikil yang di taruh di dalam barang bekas semisal botol bekas,kaleng bekas dll, atau bisa pula dengan cara membeli pot-pot yang sesuai.

Selain menyediakan pasir atau keriki,l Kita juga bisa pakai media-media tanam lainnya semisal  akar dan batang pakis,sabut kelapa, genteng, atau pecahan batu bata, dll.

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana


Adapun tata cara membuat media tanam hidroponik sederhana atau wadah tanaman dalam cara menanam tanaman dengan sitem hidroponik sederhana bisa dengan cara memanfaatkan botol-botol bekas. Adapun cara membuat botol plastik bekas sebagai pot tanaman dalam tanam sistem hidroponik sederhana, ialah :

1. Menyiapkan botol plastik yang sudah tidak terpakai. atau juga bisa membeli pada tukang rosok jika memang banyak yang akan di tanam.

2. Kemudian botol bekas tersebut di potong jadi 2 bagian, yakni bagian atas dan bawah.

Bagian atas tutupnya diberi sumbu kemudian dilubangi secukupnya supaya sumbu tidak lepas, dari sumbu tersebutlah air nutrisi akan di serap oleh akar tanaman.

Sesudah simpulan masukkan gabungan sekam bakar dan pasir kerikil ke dalam botol bagian atas yang sudah diberi sumbu, sedangkan untuk potongan botol bagian bawah di beri cairan nutrisi hidroponik. Lalu setelah itu, pasangkan potongan botol bagian atas dan bagian bawah dengan posisi tutup botol menghadap ke arah bawah.

Penanaman dan Pemberian Nutrisi pada Tanaman Secara Hidroponik

Media Hidroponik Sederhana
Media Tanam Hidroponik Sederhana

Setelah bibit dan media tanam sudah siap, Kita bisa langsung memindahkan bibit dari tempat penyemaian tanaman.

Wadah sebagai media tanam di lubangi sekitarnya 1-2 CM, Lalu kemudian tanam bibit tanaman disitu.

Adapun pemberian nutrisi pada tanaman, Jika Kita menggunakan teknik wick atau sumbu istilahnyau , maka Kita tidak harus menyiramkan air nutrisi secara manual di pagi dan sore.

Pemberian nutrisi ini sangatlah penting, Dan Kita bisaa meraciknya sendiri atau membeli nutrisi hidroponik yang sudah jadi di pasaran.


Panduan Cara Merawat tanaman dengan cara tanam sistem hidroponik

Hidroponik Sederhana
Hidroponik Sederhana


Cara merawat tanaman pada sistem hidroponik secara umum tidaklah berbeda dengan cara menanam tanaman pada cara yang biasa di lakukan oleh semua petani

Sebab cara merawat tanaman yang di tanam secara hidroponik, juga dengan cara menyiangi gulma, memangkas tanaman, dll.

Selain itu, Kita  juga perlu memperhatikan supaya tumbuhan tidak terkena air hujan dan bisa menerima pancaran sinar matahari yang sesuai dengan yang di butukannya.

Dan juga nutrisi yang di butuhkan tanaman harus di perhatikan sekali, sebab tanaman yang di tanam dengan sistem hidrponik bila nutrisi yang di butuhkannya tidak terpenehi bisa mengakibatkan tanaman yang kita tanaman dalam sistem hidroponik menjadi layu dan mati.

itulah sedikit ulasan mengenai cara menanam tanaman secara hidroponik sederhana atau cara menanam tanaman dengan sistem hidroponik sederhana dan juga cara membuat media tanam hidroponik sederhana . yang dapat kami bagikan kali ini.

Back To Top