Cara Pemupukan Timun Dengan Pupuk Urea Dan Pupuk Organik - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Pemupukan Timun Dengan Pupuk Urea Dan Pupuk Organik

Cara Pemupukan TimunBawangbawangan.com - Sebagai sayuran yang mudah untuk dirawat yang menyukai matahari dan air. Tanaman mentimun dapat tumbuh dengan cepat selama masih mendapatkan air yang teratur.

Pertumbuhan tanaman ini cepat dan mentimun akan berbuah lebat dengan hasil panen berlimpah jika Anda merawatnya dengan benar.

Namun, Sayangnya TIMUN MENTIMUN termasuk tanaman yang rentan jika diserang hama penyakit, oleh sebab itu perawatan yang baik seperti cara pemupukan timun yang tepat merupakan langkah yang bagus untuk perawatanya.


pupuk yang bagus untuk timun
pupuk yang bagus untuk timun


Cara Pemupukan Timun


Untuk mencegah resiko datangnya penyakit dan serangan hama, anda bisa mencoba menggunkan pestisida dan pupuk-pupuk yang di butuhkan tanaman timun. Adapun pupuk yang di butuhkan

Pupuk yang di butuhkan tanaman timun agar tanaman timun yang anda tanaman berbuah banyak atau lebat insya alloh adalah sebagai berikut :

Urea : 1000 kilo gram per hektarnya
Kno3 : 50 kilo gram per hektarnya
Npk : 300 kilo gram per hektarnya
Kcl : 100 kilo gram per hektarnya
Sp-36 : 200 kilo gram per hektarnya
Fungisida : 4 kilo gram per hektarnya
Za : 200 kilo gram per hektarnya.
Zpt : 2,5 ml/ha,
Insektisida : 3 lt/ha,
Pupuk daun : 2,5 lt/ha,

Cara pemupukan timun dengan cara dikucurkan saat timun sudah berumur 12 hari setelah tanam.

Dengan dosis atau ukuran : setiap 10 liter air,  larutkan pupuk urea : za : sp-36 : dap : kno3 dengan bandingan 1 : 1 : 1 : 1 : 1/4,  atau 100 gr urea + 100 gr za + 100 gr dap + 25 gr kno3.

Cara pemupukan selanjutnya yaitu dengan sistem kering yakni dengan cara menaburkan pupuk di tengah bedengan / ditugalkan antara 4 lubang tanam.

Adapun dosis pupuk urea,yaitu : sp-36 : kcl dan npk dengan perbandingan 2 : 1/2 : 1/2 : 1 diberikan pada umur 20 hari setelah tanam. Kemudian pupuk di tutupkan setelah di tugalkan.
pupuk buah timun
pupuk buah timun

Jenis Pupuk Tanaman Timun Dan Kegunaannya 


Pupuk kandang untuk tanaman timun
Kita sudah tahu bahwa pupuk kandang merupakan pupuk yang terbuat dari kotoran hewan binatang yang telah kering atau sengaja di keringkan.

Cara pemupukan timun dengan pupuk kandang

Pupuk kandang di tuangkan ke dalam lubang tanam timun biji timun di tanamankan di sana.

Masing-masing lubang tanam di kasih 1/2 hingga 1 kg pupuk kandang, dan tunggu 5-7 hari setelah itu bibit di tanamkan.

Manfaat dan kegunaan pupuk kandang yaitu bisa mendorong proses pertumbuhan tanaman timun saat pertumbuhannya.

Pupuk kandang ini juga bisa mendorong pembesaran sel-sel timun dan juga berperan sebagai penambah asupan nutrisi bagi timun supaya unsur haranya tidak berkurang.

Pupuk Cair Organik Untuk Timun

Pupuk cair untuk timun ini sebetulnya bisa di bikin sendiri dan cukup mudah membuat pupuk organik cair ini. Pupuk cair ini berguna sebagai pelebat buah timun atau pupuk untuk melebatkan buah timun.

Cara pupuk cair untuk timun ini yaitu : menyediakan kotoran sapi dan air secukupnya serta mencampurnya dengan substrat tanaman atau tumbuhan semisal jerami padi,pohon batang pisang lalu memfermentasikan untuk beberapa hari.

Cara pemupukan timun dengan pupuk organik cair :

Tuangkan pupuk cair timun ini ke dalam semprotan,lalu menyemprotkannya pada tanaman timun mulai dari ujung daun hingga pada bagian batangnya dan juga akarnya.

Penyemrotan dengan pupuk cair organik ini sebaiknya di berikan pada waktu sore hari dengan dosis tiga liter untuk tiap 1 x 1 meternya.
pemangkasan mentimun

Pupuk Urea Untuk Mentimun


Pada saat mentimun berusia 20 harian, mentimunsangan membutuhkan nitrogen yang lumayan banyak. Oleh sebab itu pupuk urea untuk mentimun sangatlah di perlukan. Mengingat urea mengandung banyak nitrogen dan juga perangsang pertumbuhan zat hijau daun tanaman.

Disamping itu, pupuk urea untuk mentimun bermanfaat sebagai pendorong tumbuhnya bagian batang pohon tanaman mentimun.

Cara pemupukan dengan pupuk urea untuk mentimun adalah dengan cara menaburkan pupuk urea di sekitar wilayah tanaman mentimun.

Namun perlu di perhatikan, bahwa memberikan pupuk kimiawia atau pupuk an-organik pada tanaman dengan dosis yang tidak di rekomendasikan justru menimbulkan masalah baru pada media tanah yang di tananami, atau bahkan merusak tanaman itu sendiri.

Adapun dosis yang di anjurkan dari pupuk urea untuk tanaman mentimun adalah sekitar 75 kilo gram per hektarnya.

Tags : cara pemupukan timun , pupuk urea untuk mentimun, pupuk cair untuk timun, pemupukan timun sistem kocor, pupuk yang bagus untuk timun, pupuk untuk melebatkan buah timun, pupuk pelebat buah timun

Tag : Perawatan

Back To Top Cara Pemupukan Timun Dengan Pupuk Urea Dan Pupuk Organik