Pohon Durian Agar Cepat Berbuah ? Begini Cara Budidayanya - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Pohon Durian Agar Cepat Berbuah ? Begini Cara Budidayanya

Bawangbawangan.com - Buah Durian di pasar mudah kita temui, apalagi di swalayan atau super market, buah durian selalu terpampang di sana dan mengundang selera untuk di makan.

Meski buah durian tergolong buah paling jelek dan menakutkan di lihat, Namun banyak orang yang menyukainya, bahkan sebagian orang menyebutnya sebagai buah raja atau rajanya buah-buahan.

Mengapa Buah Durian sebegitu Populernya dan menyandang nama “Rajanya Buah-buahan” ? tak lain karena buah durian memiliki rasa yang lezat dan aroma wangi yang menusuk dengan ciri khasnya yang mengundang selera.

Oleh karena itu, Buah durian dari waktu kewaktu selalu saja mahal harganya.

So,beruntung bagi kamu yang memiliki tanaman buah durian ini atau bahkan sedang membudidayakan buah durian ini.

Namun, mungkin saja di antara kita berbahagia mengingat buah durian yang harganya senantiasa mahal. Tapi disisi lain juga ada masalah yang mengganjal, yakni buah durian yang kita tanam atau budidayakan tidak cepat berbuah sebagaimana mestinya atau sebagaimana yang kita harapkan.

Jangan Khawatir Kita bisa mencoba tips atau cara-cara berikut ini, agar buah durian yang akan kita tanam nantinya cepat berbuah lebat.

Cara Agar Pohon Durian Cepat Berbuah Lebat
Pohon Durian Agar Cepat Berbuah Sumber Gambar : https://bibithijau.blogspot.com

Cara Agar Pohon Durian Cepat Berbuah Lebat

Adapun Cara agar pohon durian yang kita tanam cepat berbuah langkah-langkah yang mesti kita perhatikan terlebih dahulu, Ialah  :

Lahan untuk Tanaman Durian


Tentukan lahan kebun buah durian, karena menentukan lahan atau tanah untuk tanaman durian termasuk salah satu faktor buah durian cepat berbuah lebat atau tidak.


Sebenarnya secara teori dan yang biasa terjadi dari budidaya buah durian menjadi subur dan berbuah lebat di dorong oleh faktor-faktor berikut ini :
  • Buah durian di budidyakan pada lahan yang berketinggian sekitar 50-1000 MDPL. 
  • Tanah yang di tanami durian berifat lempung berpasir yang banyak meandungan organik dan unsur hara.
  • Suhu lahan tanah  untuk durian berkisar antara 21 hingga 30 derajat Celcius.
  • Curah hujan sekitar 1.500 hingga 2.500 mm per tahun.
  • Tanah yang di cocoki tanaman durian ber- pH tanah sebesar 6-7.

Pohon Durian Agar Cepat Berbuah


Bibit yang berasal dari varietas unggulan akan memilih pertumbuhan dan kualitas pohon durian Kamu. Selain itu, bibit durian harus bebas dari segala macam hama penyakit. Ada beberapa jenis bibit durian yang keunggulannya sudah diakui ibarat durian monthong, chanee, dan sitokong.

Selain itu perhatikan pula kondisi bibit, bibit yang ideal umumnya mempunyai ciri-ciri sp halnya berdaun banyak, bebas hama penyakit, batang kokoh dan terdapat banyak tunas baru.

Jika Kamu menginginkan hasil panen yang melimpah sebaiknya gunakan bibit-bibit unggulan tersebut yang dibeli di daerah pembibitan yang terpercaya atau yang bersertifikat.

Penanaman Bibit Pohon Durian


Setelah Kamu mendapat bibit unggulan, sebaiknya jangan eksklusif ditanam tetapi ditaruh dulu di bersahabat lokasi tanam agar supaya bisa mengikuti keadaan dengan lingkungannya yang baru. Sementara itu bersihkanlah lahan dari gulma atau tumbuhan liar yang mengganggu kemudian dicangkul semoga gembur kemudian campurkan pupuk dan diamkan selama kurang lebih seminggu semoga pupuk terserap tepat oleh tanah. Setelah itu buatlah lubang dengan jarak antar lubang kurang lebih 8x8m, kemudian tanam bibit Kamu disitu. Bibit durian sebaiknya dimasukkan dalam posisi tegak, kemudian timbun dengan tanah hingga batas leher akar.


Perawatan Pohon Durian

Durian membutuhkan banyak air sehingga perlu penyiraman secara teratur setiap hari pada awal masa tanam. Oleh alasannya ialah penyiraman secara rutin ini, tanah seringkali menjadi padat sehingga perlu digemburkan dan disiangi semoga absorpsi air dan sirkulasi udara kembali lancar.

Dalam membersihkan gulma atau tumbuhan liar yang tumbuh kemudian, sebaiknya jangan memakai cangkul alasannya karena bisa merusak akar tanaman.

Setelah kurang lebih 3 bulan ditanam, berikanlah pupuk buatan sebanyak 200g per pohon dengan rutin setiap 4 bulan sekali hingga tumbuhan berusia 3 tahun. Selain itu jangan lupa memperlihatkan pupuk kompos atau pupuk sangkar yang sudah matang setiap tahunnya.

Panen Pohon Durian


Setelah melewati tahap-tahap diatas Kamu harus berkemas-kemas untuk memanennya, tergantung dari varietas yang Kamu gunakan. Sebagai contoh, durian lokal umumnya bisa dipanen sehabis berusia 8-10 tahun semenjak masa tanam, sementara durian monthong bisa dipanen dalam kurun waktu 3-4 tahun sehabis masa tanam.

Buah durian yang sudah masak dan cukup besar sebaiknya di ikat dengan tali, untuk menghindari kecelakaan akhir tertimpa buah durian yang jatuh.

Buah durian yang sudah siap untuk dipanen umumnya mempunyai ciri-ciri ujung durinya kecoklatan, mengeluarkan aroma harum khas durian, warna garis diantara duri terlihat kontras, dan terdengar suara menggema apabila durian dipukul.

Setelah durian dipanen, sebaiknya beri pohon durian pemupukan ulang dan perawatan seperti halnya memotong ruas-ruas cabang yang rusak, sehingga pohon durian tetap sehat dan bisa berbuah kembali pada tahun berikutnya.

Tags: Cara memangkas pohon durian agar cepat berbuah,  cara mencangkok durian agar cepat berbuah,  pupuk buah durian,  jenis durian cepat berbuah,  membuahkan tanaman durian,  cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian,  jenis pupuk untuk durian agar cepat berbuah

Tag : Buah-buahan

Back To Top