19 Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan Yang LUAR BIASA !! - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

19 Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan Yang LUAR BIASA !!

Bawangbawangan.comManfaat Strawberry Bagi Kesehatan,Sebagian besar dari kita menyukai stroberi karena fakta bahwa mereka memperlakukan untuk mata dan selera. Tapi buah yang luar biasa lezat ini juga dikemas dengan nutrisi. Stroberi adalah buah merah, berair, berbentuk kerucut milik keluarga mawar.

Sebenarnya, secara teknis, ini bukan berry melainkan buah aksesori agregat, terdiri dari beberapa buah kecil, masing-masing dengan satu biji dikenal sebagai achene. Ini adalah satu-satunya buah yang benihnya terlihat dari luar.
Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan
Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan - kampungkra.blogspot.com

Stroberi tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna, mulai dari merah tua dan merah muda hingga putih atau kekuningan. Ada beberapa varietas stroberi seperti stroberi Virginia, Chili dan Eropa Alpine. Umumnya varietas yang lebih kecil lebih manis dan lebih beraroma daripada yang lebih besar yang seringkali berair. Karena rasanya yang lezat dan penampilan yang menarik, stroberi banyak digunakan dalam es krim, mocktails, kue, smoothies dan makanan penutup lainnya. Mereka juga membentuk bagian dari beberapa resep dan salad.
Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan
Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan via daunbuah.com

Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan 

Strawberry telah dipuji sebagai "ratu buah" karena nilai gizi yang kaya yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan seperti yang diberikan di bawah ini:

1. Sifat anti-inflamasi:
Berbagai kaya antioksidan dan fitokimia pada stroberi membantu melawan gangguan inflamasi seperti osteoarthritis, asma, kanker dan aterosklerosis. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, stroberi dapat menurunkan kadar protein C-reactive (CRP) dalam darah yang bertanggung jawab menyebabkan peradangan. Diobservasi bahwa wanita yang makan 16 atau lebih stroberi per minggu memiliki risiko 14% lebih rendah untuk memiliki tingkat CRP yang tinggi.

2. Kesehatan Kardiovaskular:
Stroberi sangat bagus untuk kesehatan jantung. Mereka mengandung asam ellagic dan flavonoid yang meningkatkan kesehatan jantung melalui efek antioksidannya. Mereka juga menangkal efek low density lipoprotein atau LDL (kolesterol jahat dalam darah kita yang menyebabkan pembentukan plak di arteri), sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Tekanan Darah:

Stroberi mengandung potasium yang mengatur tekanan darah dan mencegah tekanan darah tinggi dengan menangkal efek negatif natrium.

4. Berat Badan:
Stroberi rendah gula, kalori dan sodium, dan bebas lemak. Gula alami yang terkandung dalam stroberi sangat rendah dengan 4 gram per sajian. Mereka juga mengandung nitrat yang meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, mengakibatkan penurunan berat badan. Nitrat juga mencegah otot menjadi terlalu lelah setelah berolahraga.

5. Kesehatan tulang:
Stroberi mengandung potasium, magnesium dan vitamin K yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Hal ini ditunjukkan untuk menurunkan keropos tulang dan karena itu mencegah kerusakan tulang yang dimulai dengan bertambahnya usia.

6. Kesehatan Mata:
Konsumsi tiga atau lebih porsi stroberi dapat menurunkan risiko degenerasi makula, yang berakibat pada kehilangan penglihatan. Sifat antioksidan stroberi membantu mencegah katarak, suatu kondisi yang ditandai dengan mengaburkan seluruh lensa mata yang bisa menyebabkan kebutaan di usia tua. Vitamin C dalam stroberi membantu memperkuat kornea mata dan retina dan juga melindungi mereka dari sinar UV yang keras yang dapat merusak protein di lensa.

7. Immunity Booster:
Stroberi adalah sumber vitamin C yang kaya yang merupakan penguat imunitas yang kuat sekaligus antioksidan. Satu cangkir stroberi bisa memberi sekitar 100% kebutuhan harian vitamin ini.

8. Pencegahan Kanker:
Vitamin C dalam stroberi membantu pencegahan kanker dengan meningkatkan kekebalan tubuh kita. Mereka juga mengandung fitokimia yang disebut asam ellagic yang memiliki sifat anti-kanker seperti menekan pertumbuhan sel kanker. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa bubuk stroberi kering dapat membantu mencegah kanker esofagus manusia.

9. Kesehatan Pra-kelahiran:
Stroberi adalah sumber folat yang baik, vitamin B yang dibutuhkan oleh wanita hamil atau mereka yang mencoba untuk hamil. Folat sangat penting pada tahap awal kehamilan untuk perkembangan otak bayi, tengkorak dan sumsum tulang belakang, dan untuk pencegahan cacat lahir tertentu seperti spina bifida.

Manfaat Strawberry untuk Kulit
Selain menjadi besar untuk kesehatan Anda, stroberi adalah perawatan untuk kulit Anda. Baik konsumsi dan aplikasi topikal stroberi memberikan manfaat berikut untuk kulit Anda:

10. Anti penuaan:
Stroberi kaya akan vitamin C yang terlibat dalam produksi kolagen. Dengan melawan radikal bebas, ini memberi manfaat anti penuaan, sehingga mengurangi garis-garis halus dan keriput, dan meminimalkan noda.

11. Anti-pigmentation:
Ekstrak buah strawberry, kaya akan asam ellagic, membantu meringankan hiperpigmentasi akibat sinar UV dengan menghambat sintesis melanin, bahan kimia yang memberi warna pada kulit Anda.

12. Pembersih yang Baik:
Kehadiran vitamin C, asam salisilat dan antioksidan pada stroberi membuat mereka menjadi pembersih kulit yang hebat. Asam salisilat menghilangkan sel-sel mati dari kulit Anda dan juga mengencangkan pori-pori dan mencerahkan kulit Anda. Asam ellagic mencegah kerusakan kulit, sehingga membuat kulit Anda terlihat muda dan segar. Stroberi menenangkan dan mengelupas kulit Anda, menghilangkan kotoran dan menjaga kulit tetap lembut.

13. Anti-jerawat:
Menjadi kaya akan vitamin C, Alpha Hydroxy Acid (AHA), asam salisilat dan flavonoid, stroberi efektif membersihkan jerawat dan mengurangi minyak. Yang perlu Anda lakukan adalah mash ½ cangkir stroberi irisan dengan 1 sendok makan krim asam dan oleskan di wajah Anda selama 10 menit. Ini akan membersihkan jerawat sekaligus noda.

14. Kelesuan mata:
Stroberi bisa mengurangi bengkak dan lingkaran di bawah mata. Anda bisa menaruh beberapa irisan stroberi di bawah mata Anda dan rileks selama 10 menit. Lalu melembabkan seperti biasa.

15. Efektif untuk kulit berminyak:
Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda bisa menumbuk secukupnya stroberi segar dan yogurt tanpa pemanis biasa. Aplikasikan di wajah Anda selama 10 menit dan kemudian bilas.

Manfaat Strawberry untuk Rambut

Strawberry menempati posisi keempat di antara buah-buahan dalam hal kapasitas antioksidannya. Berbagai kaya antioksidan, asam ellagic dan vitamin membuatnya bermanfaat bagi rambut Anda juga. Ini menawarkan manfaat rambut berikut:

16. Rambut rontok dan menipis:
Kandungan tinggi asam ellagic dalam stroberi melindungi Anda dari penipisan atau penurunan. Ini juga mengandung folat dan vitamin B6 yang membantu memerangi masalah rambut rontok.

17. Strawberry Conditioner:
Anda bisa menyiapkan kondisioner stroberi untuk mendapatkan rambut yang glossy, halus dan berkilau. Mash 8 stroberi segar dengan 1 sendok makan mayones. Pijat campuran ini ke rambut lembap. Tutup dengan tutup shower minimal 10 menit lalu keramas seperti biasanya.

18. Menyembuhkan ketombe:
Menggabungkan stroberi dengan minyak pohon teh atau minyak thyme meningkatkan efek antijamurnya karena kandungan tembaga dan mangannya yang tinggi. Hal ini efektif dalam menyembuhkan ketombe.

19. Pelembab Rambut:
Karena efek antioksidannya, stroberi melindungi selaput sel kulit kepala dan mencegah terbentuknya lapisan hidrofobik di permukaan kulit kepala, sehingga mencegah isolasi kulit kepala. Menggabungkan kuning telur dengan strawberry adalah cara yang bagus untuk melembabkan rambut Anda.

Strawberry : Nilai Gizi
Stroberi memiliki nilai gizi yang kaya terdiri dari vitamin, antioksidan, flavonoid dan nutrisi vital lainnya. Mari kita lihat sekilas fakta gizi stroberi yang dijelaskan pada bagan di bawah ini.

Lihat tabel di bawah ini untuk analisis nutrisi secara mendalam:
Stroberi ( Fragaria X ananassa), ORAC Nilai 3577, Nilai Nutrisi per 100 g.
(Sumber: Basis data gizi nasional USDA)

Nilai Gizi Strawberry yang Bermanfaat bagi Tubuh

Karbohidrat 7,7 g 6%
Protein 0,67 g 0.1%
Lemak total 0,30 g 1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat makanan Sebanyak 2,0 g 5%
Mengandung Energi sekitar 32 Kcal 1.5%

Vitamin
folat 24 μg 6%
Niasin 0,386 mg 2.5%
Asam pantotenat 0,125 mg 2.5%
Piridoksin 0,047 mg 3.5%
Riboflavin sekitar 0,022 mg 2%
Vitamin A 12 IU 0.5%
Vitamin C 58,8 mg 98%
Vitamin E 0,29 mg 2%
Vitamin K Sebanyak 2,2 μg 2%

Elektrolit
Sodium sekitar 1 mg 0%
Kalium 153 mg 3%
Mineral
Kalsium 16 mg 1.6%
Besi 0,41 mg 5%
Magnesium 13 mg 3%
Mangan 0,386 mg 17%
Seng 0,14 mg 1%

Phyto-Nutrisi
Carotene-ß 7 μg
Lutein-zeaxanthin 26 μg

Kalori dan Lemak: Satu cangkir sajian stroberi menghasilkan sekitar 50 kalori, 1 gram protein dan 11 gram karbohidrat. Mereka bebas lemak, kolesterol dan sodium. Mereka juga mengandung 9 gram gula alam kebanyakan dalam bentuk fruktosa.

Vitamin: Stroberi adalah sumber vitamin C yang sangat baik dengan satu cangkir stroberi yang menyediakan 160% tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA) vitamin ini. Mereka juga memiliki kandungan folat yang tinggi.

Mineral: Stroberi adalah sumber potasium yang kaya dengan satu cangkir yang menyumbang sekitar 170% RDA. Mereka juga menyediakan 2% RDA untuk kalsium dan zat besi.
Itulah Khasiat dan Manfaat Buah Strawberry Yang LUAR BIASA !!
Tag : Buah-buahan

Back To Top