Umur Panen Bawang Merah Berapa Hari ? Inilah Waktu Panen Bawang Merah - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Umur Panen Bawang Merah Berapa Hari ? Inilah Waktu Panen Bawang Merah

Umur Panen Bawang MerahBawangBawangan.com – Budidaya bawang merah tak cuma bisa dilaksanakan dilahan yang luas seperti sawah dan tegalan. Namun,zaman sekarang ini budidaya tanam bawang merah di lahan yang sempit juga menjadi trend, bahkan ada pula yang menanam bawang merah dengan memanfaatkan pohon pisang sebagai media tanam yang juga bisa tumbuh dengan baik dan bisa di panen.

Ada sebagian petani yang jelas-jelas tujuan dalam budidaya bawang merah untuk memperoleh keuntungan  dari hasil panen bawang merah yang di tanamnya. Bawang merah bila di  budidyakan dengan baik bisa menghasilkan nilai ekonomis yang menguntungkan.

Nilai ekonomis yang dihasilkan pun tak sedikit bila bawang merah yang di panen bagus serta bermutu. Budidaya bawang merah juga dapat dijadikan sebagai usaha sampingan.

Selain itu, ada juga Petani yang budidaya bawang merah cuma buat memenuhi keperluan dapur sehari-hari saja. Dengan begitu, Ia tak butuh mengeluarkan uang buat membeli bawang merah.
Umur Panen Bawang Merah
Umur Panen Bawang Merah via yusranyahya.blogspot.com

Baca : Ciri-Ciri Bawang Merah yang Siap Panen

Umur Panen Bawang Merah 

Untuk memperoleh panen bawang merah yang maksimal dan berkualitas tinggi, Kamu butuh merawat tanaman bawang merah dengan baik dan benar agar di peroleh panen yang nilai mutunya terbaik.

Perawatan tanaman bawang merah meliputi penyiraman, penggemburan tanah, penyiangan gulma, pemupukan, memperbaiki kedudukan umbi, serta menanggulangi ada hama serta penyakit.

Perawatan bawang mera dapat disebut sulit. Semuanya bergantung kaya gimana Kamu memelihara tanaman bawang merah tersebut.

Ciri-ciri bawang merah yang siap dipanen


Setelah tanaman bawang merah berusia kira-kira 60 atau 90 hari sehabis penanaman terjadi tersebutkan bawang merah telah dapat dipanen. kaya gimana ciri-ciri serta usia bawang merah yang telah siap buat dipanen? Ciri-ciri bawang merah yang telah siap dipanen ialah sebagai berikut.

Warna daun telah berubah menjadi hijau kekuningan Pada area tangkai batang menjaddi mengeras Umur tanaman bawang merah telah mencapai 60 atau 90 hari Itulah ciri-ciri bawang merah yang sudah siap dipanen.

Umur masa panen bawang merah tak boleh sembarangan. adanya tahap-tahap tersendiri.

Apa-apa saja Tahap memanen bawang merah yang baik? Tahap memanen bawang merah yang baik ialah sebagai berikut :

Cabutlah semua area tanaman dengan memakaikan tangan Setelah dicabut, setelah itu result panen tersebut diikat. Tujuannya ialah agar tanaman tak berserakan serta membusuk pasal diletakkan secara bertumpuk Bawang merah yang sudah diikat tersebut setelah itu dijemur. Jemur lah bawang merah ditempat yang terbuka.

Jangan menjemur bawang merah dibawah sinar matahari yang terlampau terik. Mengapa begitu? pasal bisa menghancurkan susunan bawang merah. Sehingga nilai mutu bawang merah menjadi menurun Penjemuran bisa dilaksanakan sebagian hari. Penjemuran bergantung kepada kadar air yang adanya di dalam bawang merah. Itulah sebagian Tahap memanen bawang merah.

Baca : Cara Panen Dan Pasca Panen Bawang Merah Lengkap

Penyeleksian bawang merah


Kadar air di dalam umbi bawang merah haruslah turun terlebih dahulu sebelum dijual. metode membuat turun kadar air ialah dengan dijemur ditempat yang terbuka tapi tak dibawah sinar terik matahari.

Setiap kali selesai menjemur bawang merah, timbanglah bawang merah tersebut. bila kadar air telah menurun kurang lebih 19% tersebutkan penjemuran boleh dihentikan.

Bawang merah yang sudah siap dijual sebagusnya disimpan di dalam gudang. metode menyimpan bawang merah ialah dengan menggantungkan ikatan bawang merah. Dengan begitu bawang merah tak gampang busuk pasal terlampau lama Berposisi dibawah atau dilantai.

Mungkin cuma ini saja masa serta umur panen bawang merah untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Semoga dapat bermanfaat serta dapat membantu. Source : http://situsbungacom.

Baca : Cara Panen Dan Pasca Panen Bawang Merah Lengkap
             Cara Membuat Bibit Bawang Merah dari Biji
Tag : Bawang Merah

Back To Top