Bawang Merah Bawang Putih, Mana Paling Sehat ? - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Bawang Merah Bawang Putih, Mana Paling Sehat ?

BawangBawangan.Com - Diantara kedua umbi polpuler dapur, yakni bawang merah bawang putih, Siapa diantara kedua bumbu tersebut yang lebih unggul bagi Kesehatan ?

Selain fungsi  bawang merah bawang putih ini sebagai bumbu masakan, bawang merah dan bawang putih ini ternyata memiliki seabrek manfaat dan khasiat bagi kesehatan.

Akan tetapi, bagi Sobat bawang-bawangan, di antara kedua umbi bawang merah dan bawang putih, mana yang lebih ungul bagi kesehatan manusia ?
Bawang Merah Bawang Putih
Bawang Merah Bawang Putih - distributorsayurdipekanbaru.blogspot.com

Bawang Merah Bawang Putih

Dalam sebuah riset ilmiyah yang dilaksanakan tahun ini serta diumumkan di Food Research Internastional menemukan dan menyatakan,bahwa bawang merah lebih menyehatkan bagi manusia.

Seorang Ahli peniliti makanan dan tumbuh-tumbuhan, mengemukakan :
“Bawang merah paling efisien membunuh sel kanker manusia dibandingkan dengan varian bawang lainnya dikarenakan berkah kadar quercetin serta antosianin dengan antioksidan yang tinggi,”

Menurut seorang penulis studi, Suresh Neethirajan, PhD, anthocyanin berperan penting pada warna buah dan sayuran sehingga masuk akal bila bawang merah—yang mempunyai kulit gelap berkekuatan memerangi penyakit kanker.

Namun, perlu kiranya dicatat, bahwa keberadaan bawang merah tidaklah satu-satunya umbi yang mempunyai manfaat luar biasa ini.

Sebab Karen Ansel RDN, penulis buku Healing Superfoods for Anti-Aging: Stay Younger, Live Longer menyatakan : “Segala jenis bawang merupakan penyerang kanker yang luar biasa , sebab adanya konsentrasi antioksidan anthosyanin dan kuersetin yang tinggi,”

Karen merekomendasikan, walaupun bawang merah lebih sehat namun tidak ada salahnya memanfaatkan bawang putih atau bawang bombay untuk variasi masakan sehingga olahan makanan lebih kaya akan adanya antioksidan dan rasa lezat.

Manfaat Bawang Merah

Selain yang kami sebutkan di atas, bawang merah juga memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa, diantaranya ialah manfaatnya berikut ini :

- Bawang Merah Mampu untuk Cegah risiko penyakit jantung
Bawang juga berguna buat proses kardiovaskular, anti kanker, kekebalan tubuh, serta anti diabetes.

Sebuah penelitian epidemiologis sudah menemukan, konsumsi bawang dihubungkan dengan resiko rendah dari penyakit kanker lambung serta prostat. disamping itu, salah satu bawang (bawang merah) juga mengandung zat quercetin, yaitu suatu flavonoid yang mampu menekan peningkatan tumor serta proliferasi

- Bawang Merah Bermanfaat untuk Menjaga Kekebalan Tubuh tetap Baik
Bawang termasuk sumber yang kaya vitamin E dan C yang begitu penting untuk menjaga pertahanan tubuh. Selain itu, vitamin ini merupakan antioksidan yang sangat bagus dan dapat untuk memperlambat proses penuaan.(liputan6.Com)

Baca Juga : 
Manfaat Makan Bawang Merah Mentah Setiap Hari
Manfaat Bawang Merah Untuk Kecantikan yang Masih Jarang Orang Mengetahuinya
Manfaat Makan Bawang Merah Mentah Setiap Hari
Klasifikasi dan Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan
Kandungan Gizi Bawang Merah Dan Manfaatnya

Back To Top