8 Manfaat Bawang Putih Bagi Ibu Hamil - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

8 Manfaat Bawang Putih Bagi Ibu Hamil

Manfaat Bawang Putih Bagi Ibu Hamil, Bawangbawangan.com - Bagi ibu hamil bisa di katakan suatu keharusan untuknya dalam memperhitungkan asupan makanan yang di butuhkan bagi tubuh ibu hamil dan janin yang dikandungnya selalu sehat.

Diantara asupan yang cukup bagus bagi kesehatan ibu hamil ialah bawang putih yang masih segar. Tetapi,Bagi ibu hamil di sarankan mengkonsumsi bumbu ini tidak lebih dari 4 siung bawang putih atau hanya sekitar 2-4 siung bawang putih segar. Jumlah 2-4 siung bawang putih segar ini sama dengan 600 - 1.200 ml ekstrak bawang putih.
Manfaat Bawang Putih Bagi Ibu Hamil
Manfaat Bawang Putih Bagi Ibu Hamil via http://patcooksirish.blogspot.co.id

Manfaat Bawang Putih Bagi Ibu Hamil

Lalu apa saja manfaat bawang putih segar ini jika di konsumsi bagi ibu hamil ? - Setidaknya ada 7 lebih manfaat bawang putih bagi ibu hamil berikut di bawah ini :

1. Menurunkan risiko preeklampsia

Tekanan darah tinggi/Preeklampsia merupakan keadaan yang kemungkinan besar bisa membahayakan satu dari sepuluh wanita hamil.

Karena Preeklamsia organ dalam tubuh seperti ginjal dan bisa rusak karena induksi kehamilan. Bawang putih cukup menjadi alasan untuk menangani hal ini,  karena bawang putih bisa sebagai penurun tekanan darah tinggi dan kadar protein yang ada dalam urine.

2. Meningkatkan berat badan bayi

Sebuah Riset yang pernah di lakukan pada bawang putih menyatakan bahwa :
Bawang putih bisa untuk menambah berat lahir bayi yang mempunyai risiko lahir dengan badan kecil atau bayi lahir yang belum cukup berada lama dalam kandungan.
Baca : 9 Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Untuk Bayi dan Anak Kecil

Observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa memberikan ekstrak bawang putih ke dalam sel plasenta bisa sebagai pemicu rangsang pada pertumbuhan janin.

Aktivitas enzim pada kehamilan yang tidak normal juga dapat meningkat di saat sang ibu hamil mengonsumsi makanan yang mengandung bawang putih.


3. Bawang Putih Menurunkan kolesterol dan masalah jantung

Manfaat Bawang Putih Bagi Ibu Hamil yang selanjutnya yaitu dapat sebagai pembantu penurun kolesterol dan masalah jantung. selain itu juga dapat untuk mengencerkan darah, mencegah risiko serangan jantung dan juga penyakit stroke. Hal itu di karenakan bawang putih mengandung senyawa allicin.

4. Mencegah kanker

Mengonsumsi bawang putih secara rutin bisa sebagai penangkal terjadinya penyakit kanker, khususnya untuk kanker usus besar.

Berdasarkan hasil Studi penelitian di China menyatakan bahwa mengkonsumsi bawang putih campur bawang merah dan daun bawang bisa sebagai penurun risiko kanker esofagus dan juga kanker perut.
Baca : Cara mengolah bawang putih untuk obat kanker perut dan usus besar

5. Mengatasi demam, flu, dan infeksi

Bawang putih di percaya juga bisa sebagai penyetop tumbuh kembangnya bakteri yang berbahaya dan yang bisa memunculkan penyakit.

Sistem kekebalan dalam tubuh juga akan lebih baik. Bawang putih juga bisa memerangi infeksi dan sakit ringan semisal flu dan demam.

6. Mengatasi Infeksi jamur

Senyawa Allicin di dalam bawang putih di yakini mempunyai khasiat sebagai anti jamur, yang bisa mengobati macam infeksi jamur pada bagian intim perempuan dan juga laki-laki, diantaranya yaitu kandidiasis kronis.

7. Mencegah infeksi kulit dan juga mulut

Sifat antimikroba yang terkandung di dalam bawang putih ternyata juga bisa membantu untuk infeksi kulit dan mulut.

8. Mencegah Kerontokan Rambut

Kandungan allicin yang cukup besar pada bawang putih merupakan senyawa belerang. Oleh sebab itu, Mengkonsumsi bawang putih dapat membantu mencegah kerontokan rambut dan juga mendorong pertumbuhan rambut baru.
manfaaat Bawang Putih bagi Ibu Hamil
Manfaat Bawang Putih Bagi Ibu Hamil via http://worthwellness.com

Kesimpulannya, Bagi Ibu hamil tetap aman mengkonsumsi bawang putih ini, bahkan mendapatkan Manfaat Bawang Putih yang lebih.  Tetapi, harus tetap sesuai dengan dosis yang di rekomendasikan.

Karena, mengkonsumsi bawang putih bagi ibu hamil lebih dari yang di sarankan di atas, dapat berakibat tekanan darah menjadi menurun dan darah menipis. Oleh sebab itu, Sangat Perlu kiranya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Referensi: Tribunnews.com & Momjunction.com
Baca : Kandungan Gizi Bawang Putih dan Manfaatnya

Back To Top