PANDUAN PERAWATAN BAWANG MERAH AGAR HASIL MELIMPAH - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

PANDUAN PERAWATAN BAWANG MERAH AGAR HASIL MELIMPAH

Perawatan dalam budidaya bawang merah meliputi penyeriman bawang merah, penyiangan terhadap lahan tanam bawang merah serta pemupukan bawang merah yang benar. Sudah selayaknya, apabila menghendaki suatu keberhasilan, tentu akan bekerja lebih keras dan berhati-hati. begitu pula dalam budidaya bawang merah benar-benar harus memerlukan perhatian khusus, guna mengikuti perkembangan dari awal hingga panen bawang merah mendapat hasil melimpah, kesabaran dan keterampilan sangat dibutuhkan dalam pengolahan budidaya bawang merah.
Terkait : Cara Panen Bawang Merah Lengkap

Tips Penyiraman dalam budidaya bawang merah

Dalam Budidaya bawang merah membutuhkan air cukup banyak, lebih-lebih jika pertumbuhannya subur dan cepat. Penyiraman pada tanaman bawang ini tergantung pada musim. Pada musim penghujan perlu adanya perhatian sungguh-sungguh. karena apabila terlalu banyak air akan menyebabkan tanah selalu lembab, sehingga mudah terkena penyakit busuk pada umbi bawang merah.
PERAWATAN TANAMAN BAWANG MERAH
PERAWATAN TANAMAN BAWANG MERAH

 Tujuan dari penyiraman terhadap bawang merah adalah  :

  1. Menggantikan air yang sudah banyak menguap pada siang hari.
  2. Mengembalikan kekuatan tanaman hingga malam hari.
  3. Penambahan terhadap tanaman-tanaman yang kurang air.
  4. Pemberian jumlah air pada tanaman bawang merah sangat tergantung pada berbagai faktor yang mana diantaranya yaitu

Keadaan cuaca

Jika cuaca dalam keadaan sedang Berawan di mana penguapan tidak sebanyak pada waktu panas, maka penyiraman terhadap bawang tidak perlu banyak.

Umur tanaman bawang merah

Dalam budidaya tanaman bawang merah, tanaman bawang yang masih berumur muda memerlukan penyiraman yang lebih banyak dari pada tanaman bawang yang sudah berumur 1 bulan.
Pemberian air berlebihan sama sekali tidak dibenarkan,  Sebab di samping mempengaruhi pada umbi bawang, juga akan mengakibatkan padatnya tanah yang akhirnya mengganggu peredaran udara di dalam tanah.

Air yang digunakan untuk penyiraman tanaman bawang merah harus bersih, jernih, tidak bercampur dengan Lumpur dan tidak pula mengandung bahan-bahan pembusuk yang dapat mengakibatkan kekurangan zat asam di dalam tanah, hingga merugikan bagi tanaman.

Tanaman bawang merah setiap pagi harus disiram menggunakan ciduk atau timba. Apabila tanaman bawang dalam keadaan sehat, maka penyiraman dilakukan pada waktu pagi hari. Namun jika tanaman kurang subur atau pertumbuhannya lambat, maka penyiraman dilaksanakan pada sore hari.

Tips Penyiangan dalam Budidaya bawang merah

Cara untuk mempercepat pertumbuhan dalam budidaya bawang merah, maka dianjurkan rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman bawang merah harus disiangi atau dicabut, yg bisa dengan menggunakan bambu yang dibelah hingga pipih dan runcing.

Alat tersebut ditancapkan di bagian tepi rumput sampai ke dasar akar bawang merah barulah diangkat. Usahakan penancapan dan pencabutan rumput yang ada disekitar tanaman bawang merah tidak sampai mengganggu tanaman bawang merah.

Dalam panduan budidaya bawang merah yang baik, Penyiangan terhadap tanaman bawang merah dilakukan secara bertahap sampai empat kali tahapan
  1. Penyiangan pertama pada tanaman bawang merah dilakukan pada waktu tanaman berumur 8 sampai 9 hari atau satu atau dua hari sebelum pemupukan pertama dilakukan.
  2. Penyiangan kedua pada bawang merah merah dilakukan pada waktu tanaman berumur 18 sampai 19 hari atau 1 sampai dua hari sebelum pemupukan kedua.
  3. Penyiangan pada bawang merah ketika dilakukan pada saat tanaman bawang merah berumur 28-29 hari atau satu sampai dua hari sebelum pelaksanaan pemupukan yang ketiga.
  4. Penyiangan keempat dilakukan pada tanaman yang sudah berumur 38 sampai 39 hari atau 1 sampai dua hari sebelum pemupukan keempat.

Terkait : Pupuk tanaman bawang merah yang benar


Pelaksanaan penyiangan rumput dalam budidaya bawang merah dapat pula dilaksanakan pada saat-saat tertentu, jika tanaman selalu diganggu oleh rumput.

Penyiangan rumput rumput liar selalu menghisap dan merebut zat zat makanan yang diperlukan oleh tanaman bawang merah dan juga merebut cahaya CO2 yang mestinya sangat dibutuhkan oleh tanaman bawang merah.

NB:
Uraian pelaksanaan penyiangan di atas sampai 4 kali seringkali dilakukan oleh petani petani di daerah kabupaten Brebes. Dalam hal penyiangan bawang merah ini biasanya tiap tiap daerah berbeda hal tersebut tergantung pada tingkat kesuburan tanah setempat yang penting pelaksanaan penyiangan dilakukan sebelum pemupukan. 

Itulah sedikit tips cara memelihara dan budidaya tananaman bawang merah supaya hasil maksimal.
Silahkan dishare, siapa tahu ada yang membutuhkan sedikit tips budidaya bawang merah ini.
Tag : Bawang Merah

Back To Top