Klasifikasi dan Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Klasifikasi dan Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Klasifikasi dan Manfaat Bawang Merahbawangbawangan.com - Bawang Merah sangat dibutuhkan oleh masyarakat indonesia,karena bawang ini merupakan jenis bawang-bawangan yang sangat bermanfaat bagi manusia, khususnya untuk penyedap rasa masakan,selain itu bawang merah ini memilki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit.

Klasifikasi dan Manfaat Bawang Merah
Klasifikasi dan Manfaat Bawang Merah

Klasifikasi Bawang Merah

Dalam dunia tumbuh-tumbuhan, tanaman bawang merah diklasifikasikan sebagai :


Spesies = Alliumm asscalonicum
Genium = allium
Famili = Liliaceae 
Ordo = Lilifrolae
Class = Monocotyledonea
sub divisi = angios permae
Devisi = Sper matophyta.

Adapun jika ditinjau dari kekerabatan bawang merah merupakan keluarga dari lliaceae yang berkarekteristik umbi lapis,bentuk daunnya silindris dan memiliki akar serabut.
Umbi lapisnya berasal dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang2 semu dan juga berubah fungsi dan berubah bentuk.

Sedangkan keluarga dari Liliace merupakan bagian dari genus allium yang mempunyai 500 spesies bahkan lebih dari itu. Dari jumlah sebanyak itu, jenis yang marak dibudidayakan kurang lebih terbagi menjadi 6 kelompok.
  1. Kelompok Allium Cepa L .Tanaman Bawang yang termasuk kelompok ini,yaitu bawang merah dan bawang bombay dan bawang-bawangan biasa lainnya.
  2. Kelompok Allium Sativum L, Kelompok ini terdiri dari bawang-bawangan yang memiliki daun berbentuk pita. seperti Bawang Putih.
  3. Kelompok Ampeloprasum / Allium parrum L. Kelompok ini memilki bentuk batang besar dan daun mirip pita, seperti bawang timur,bawang prei,bawang leek dan bawang kurrat.
  4. Kelompok Allium fistulosum L . kelompok bawang bakung dan bawang sibol atau weilsh. jenis bawang ini juga berdaun mirip pita.
  5.  Allium Schoenoprasum, yaitu kelompok bawang chive/kucai yang berdaun mirip jarum.
  6. Kelompok Allium Adarum L ,yaitu jenis bawang yang mirip dengan bawang putih berbau harum,namun tidak berumbi. Bawang ini dianggab sebagai kelompok bawang Kurrat.

Diantara kelompok Bawang-bawangan diatas yang paling berkhasiat dan bermanfaat serta paling populer adalah bawang merah,bawang putih dan bawang bombay.

Kandungan Bawang  Merah

Bawang merah diyakini bisa sebagai obat, karena kandungan efek Antiesptik dan senyawa Allin yang ada didalamnya , yang mana senyawa Allin akan diubah menjadi asam piruvat dan amonia. Sedangkan senyawa allin sebagai antimikroba yang bersifat bakterisida. Sedangkan enzim yang berperan dalam merubah senyawa Allin adalah enzim allinasi.

Nama lain untuk bawang merah , orang Jawa menyebut sebagai brambang, orang Sunda menyebutnya sebagai beureum.

Morfologi tanaman bawang merah

Bagian-bagian dari tanaman merah atau yang disebut sebagai morfologi tanaman. 

Bawang merah berbentuk seperti rumput berbatang pendek dan berakar serabut tingginya dapat mencapai 20 cm dan membentuk rumpun. Daun bawang merah berbentuk seperti pipa bulat kecil memanjang 50 sampai 70 cm berlubang dan bagian ujungnya meruncing serta berwarna hijau muda Sampai tua.
Morfologi tanaman bawang merah
Morfologi tanaman bawang merah

Batang semu yang berada di dalam tanah berubah bentuk dan menjadi umbi lapis. Sedangkan tangkainya keluar dari dasar umbi bawang.

Bunga bawang terdiri dari 50 sampai dengan 200 tangkai bunga. Umbi atau buah dari bawang merah berbentuk bulat dengan ujung tumpul yang membungkus biji yang berbentuk agak pipih.

Bagian Bermanfaat dari Bawang Merah

Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman bawang ini adalah umbinya. Baik untuk sebagai bumbu masakan maupun sebagai obat-obatan, namun orang masyarakat desa mengenal bawang merah ini sebagai obat hanya untuk kerokan utuk menghilangkan masuk angin pada bayi dan anak kecil.
Padahal menurut para ahli tanaman : Ternyata bawang merah mengandung berbagai macam senyawa- senyawa yang bermanfaat bagi manusia. Di antara kandungan bawang merah adalah minyak asiri yang terdiri dari dialisulfida, Propantiol, Allin dsb..

Penyakit yang bisa diatasi dengan bawang merah di antaranya adalah sakit pada telinga, jerawat, kanker dan kuman di mulut.

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

1. Bawang merah sebanyak 5 gram direbus terlebih dulu, kemudian rebusan dari bawang merah tersebut untuk minum atau bawang merah bisa dibuat sebagai jus kemudian dibuat untuk obat tetes pada telinga yang sakit, sakit karena terkena gigitan serangga maupun sakit karena berdering.

2. Bawang merah dapat untuk membantu mencegah terjadinya sakit perut dan kanker payudara dan berbagai penyakit lainnya, dengan cara mengkonsumsi bawang merah secara teratur setiap hari.

3.Bawang merah yang digerus dan dicampur dengan minyak kelapa hangat dipercaya mampu mengobati masuk angin dan gangguan pada persendian.

Efek samping dari mengkomsumsi bawang merah

Selain memiliki manfaat yang besar bagi manusia, bawang merah juga memiliki beberapa efek samping. Diantara efek samping bawang merah adalah :

Mengkonsumsi bawang merah yang berlebihan bisa menyebabkan migran,kepala pusing dan pandangan mata bisa menggelap. aroma bawang merah juga bisa mengganggu orang lain.
Itulah manfaat bawang merah , klasifikasi bawang merah kandungan bawang merah dan morfologi bawang merah 

Back To Top