Cara Mengeringkan Bawang Merah - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Cara Mengeringkan Bawang Merah

Cara Mengeringkan Bawang Merah, bawangbawangan.com. Biasanya pengeringan pada bawang merah dilakukan oleh para petani dengan tujuan supaya tidak terjadi pembusukan pada hasil panen bawang merah dan bawang merah mereka tidak langsung dijual kepada para penebas bawang merah atau tengkulak, melainkan dipanen sendiri dan bawang dikeringkan sambil menunggu harga jual bawang yang lebih  mahal dan menguntungkan bagi para petani, para penebas atau tengkulak kebanyakan juga mengeringkan bawang merah hasil pembeliannya dari para petani supaya tidak terjadi pembusukan ketika dibawa keluar kota untuk mendapatkan harga yang lebih tinggi dan menuntungkan.Selain itu, mengeringkan umbi bawang merah juga merupakan syarat mutlak sebagai cara membuat bibit bawang merah.  

Cara mengeringkan bawang merah yang dilakukan oleh para petani dan para tengkulak setelah Pemanenan.
Cara Mengeringkan Bawang Merah
Cara Mengeringkan Bawang Merah

Proses Pengeringan Bawang Merah

Jadi, pada prinsip pengeringan bawang merah adalah terjadinya penguapan air bahan ke udara karena perbedaan kandungan air antara udara dengan bahan yang dikeringkan dengan tujuan mengurangi kadar air bahan sampai batas di mana perkembangan mikroorganisme dan kegiatan enzimatis bisa menyebabkan terhambat atau terhentinya kebusukan.

Bawang merah yang dilayukan harus segera dikeringkan. Sebelum dikeringkan dilakukan pengeringan pada umbi bawang, yaitu membersihkan tempat pengeringan, membuang tanah yang menempel pada bagian umbi bawang merah, dan menggabungkan ikatan kecil dengan cara mengikat umbi bawang 2-3 ikatan dengan tali bambu atau rafiah.kemudian bawang merah di jemur

Penjemuran Bawang Merah

Penjemuran dilakukan dengan cara menyusun 5 sampai 7 baris, daun tanaman bawang berada di bagian atas, pembalikan dilakukan dua sampai tiga hari sekali. Proses pengeringan dihentikan pada saat umbi bawang mencapai susut bobot 25% sampai 40% dan kadar air umbi bawang mencapai 80% sampai 84%. Proses penjemuran pada umbi bawang merah selama 7 sampai 14 hari tergantung pada keadaan cuaca setempat.

Cara mengeringkan bawang merah yang baik untuk meningkatkan daya simpan pengeringan disarankan sampai pada tahap kering mati atau kering simpan.

Dalam mengeringkan umbi bawang merah dianggab sudah kering mati atau kering simpan dengan cara umbi bawang merah dibungkus dengan kemasan plastik tembus pandang. Jika setelah disimpan paada plastis tembus pandang tersebut selama 24 jam tidak ada tanda-tanda air yang menempel pada bagian dalam plastik, berarti umbi bawang merah tersebut sudah mencapai kering mati atau kering simpan.

Back To Top