Pentingnya Budidaya Bawang Putih di Indonesia - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Pentingnya Budidaya Bawang Putih di Indonesia

Tanaman Umbi bawang putih memiliki banyak manfaat dan khasiat sebagaimana yang telah kami Sebutkan pada artikel sebelumnya, dalam kehidupan manusia umbi bawang putih Tidak cuma untuk bumbu dapur yang berfungsi sebagai penyedap olahan masakan, akan tetapi bawang putih juga mempunyai bermacam-macam khasiat lain seperti halnya untuk bahan pengobatan.

Menurut penelitian para ahli biologi menyatakan " bahwasanya umbi dari bawang putih memiliki kandungan yang mampu untuk menyembuhkan bermacam-macam penyakit, mengurangi keletihan atau lelah, mengatasi anemia yaitu penyakit sulit tidur dan bahkan berkhasiat juga untuk mengobati kemandulan pada perempuan.


Budidaya Bawang Putih
Budidaya Bawang Putih
Oleh karena itu, bisa disimpulkan,  Selain sebagai penyedap atau bumbu masakan, bawang putih juga merupakan bahan baku dari obat-obatan untuk penyakit- penyakit tertentu.

Manfaat bawang putih untuk obat-obatan, umbi bawang putih diyakini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kencing manis, penyakit darah tinggi, penyakit infeksi pada saluran pernafasan, penyakit infeksi pada usus, penyakit infeksi pada kulit, cacingan, luka akibat digigit binatang berbisa seperti ular, dan lain-lain penyakit gatal-gatal pada kulit, penyakit batuk, penyakit kelamin,, Penyakit maag penyakit infeksi pada daerah wanita karena jamur, penyakit kanker, penyakit typus dan juga pada penyakit mata yang bengkak yang diakibatkan karena angin,
Terkait : Karakteristik dan Manfaat Bawang Putih

Kenapa bawang putih berkhasiat sebagai bahan obat ?

Bawang putih berhasiat untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya yang kami Sebutkan diatas itu karena umbi bawang putih mengandung senyawa allicin dan koordinat yang mana keduanya dari senyawa tersebut mengandung zat antibiotika atau dalam arti pembunuh kuman penyakit serta kedua senyawa tersebut termasuk zat yang dapat menambah kekuatan daya tahan tubuh manusia ketika dikonsumsi.

Umbi bawang putih sangat penting bagi masyarakat karena hampir menjadi bahan pokok seperti lauk dan pauk. Hal ini didasari dikarenakan umbi bawang putih mampu memberikan bau sedap dan nikmat pada olahan masakan. Selain itu, umbi bawang putih mempunyai aroma yang pedas sekaligus Harum yang membikin olahan masakan menjadi tambah Lezat. Pada produk olahan makanan pada industri, bawang ini juga tergolong sebagai bahan baku untuk digunakan sebaga bumbu olahan makanan seperti industri ciki-ciki anak-anak, mie instan dan lainnya.

Begitu banyak manfaat khasiat bawang putih dan sangat dibutuhkan di masyarakat khususnya masyarakat Indonesia, maka usaha budidaya bawang putih sangat perlu untuk dikembangkan. Disamping itu, kelangkaan bawang putih di pertanian Indonesia yang menyebabkan bawang putih terbatas pasuokannya masyarakat sehingga harganya masih tergolong sangat mahal dan Indonesia masih saja banyak mengekspor dari China untuk memenuhi kebutuhan dunia kuliner di Indonesia.

Usaha bisnis budidaya bawang putih bisa dilakukan di daratan tinggi dengan varietas variates yang cocok untuk daratan tinggi seperti halnya varietas bumbu kuning dan varietas Lumbu hijau. Sementara untuk pengembangan tanaman bawang putih di daratan yang rendah bisa menggunakan varietas-varietas daratan rendah seperti halnya variates Bogor varietas Jatibarang variates Sanur variates Sumbawa dan variates Lumbu putih.
Terkait : Jenis Varietes Bawang Putih


Back To Top