Khasiat Bawang Putih Tunggal / Lanang / Jantan yang Perlu Anda Tahu - Bawang Bawangan

Panduan budidaya menanam aneka tanaman di dunia

Khasiat Bawang Putih Tunggal / Lanang / Jantan yang Perlu Anda Tahu

Bawangbawangan.com, Kumpulan khasiat bawang putih tunggal, Sama seperti bawang putih biasa,baik bawang putih sinco maupun bawang putih kating dalam segi khasiatnya dan manfaatnya, namun umbi bawang putih tunggal dipercaya oleh sebagian besar masyarakat di dunia sebagai obat alami yang sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit,terutama penyakit stroke dan hipertensi.

Pengertian Bawang Putih Tunggal 

Bawang tunggal ini lebih dikenal oleh masyarakat jawa sebagai bawang lanang,Bersama dengan pengetahuan masyarakat akan khasiat besar dari kandungan  bawang tunggal ini, semakin meningkat pula permintaan Bawang tunggal ini di masyarakat.

Bawang putih ini disebut sebagai bawang lanang/ bawang jantan dan bawang tunggal,karena memang tanaman bawang ini bersiung cuma tunggal dan tidak mau beranak seperti bawang-bawangan lainnya, namun dibalik kemandulan bawang tunggal ini memiliki banyak khasiat.

bawang putih tunggal
Tanaman bawang putih tunggal 

Bawang Putih Tunggal, dibalik kekurangannya yang tidak beranak itu,menyimban banyak khasiat dan manfaat. Selain bermanfaat untuk mengobati penyakit kanker dan penyakit-penyakit yang disebutkan diatas tadi,bawang putih tunggal juga sangat ampuh untuk menurunkan kolestrol darah.

Sebenarnya Khasiat bawang putih tunggal dengan bawang putih biasa itu sama,namun yang membuat bawang putih tunggal lebih unggul dibanding dengan bawang putih biasa itu terletak pada kadar senyawanya.

Menurut ahli penelitan herbal bahwa bawang putih tunggal satu siung saja, sama dengan kadar bawang putih biasa berjumlah 6 siung.
bawang putih tunggal

Itulah yang menjadikan bawang putih tunggal diyakini lebih berkhasiat dibanding dengan bawang putih yang bukan tunggal.

Manfaat / Khasiat bawang putih tunggal untuk kolesterol  dan diabetes 

Namun secara penelitian  ilmiah bawang putih tunggal ini juga berkhasiat sebagai anti diabetes.menurunkan darah tinggi,mengencerkan dan meluruhkan lemak yang ada dalam pembuluh darah,menyembuhkan kolestrol. hal itu karena menurut peneliti Bogor kadar dialilsulfida dari bawang tunggal  sangat tinggi.

Resep khasiat bawang putih tunggal

Keampuhan dari bawang tunggal sebagai obat herbal alami sangat relatif lebih dahsyat dari pada bawang putih biasa.baik dalam penggunaannya masih dalam keadaan mentah maupun dibakar atau dimasak terlebih dulu.dibuat acar,kapsul dan serbuk. Bahkan ada masyarakat membuat bawang tunggal sebagai obat herbal dengan cara diolah menjadi sirup.

Dengan resep khasiat sebagai berikut ini :

Dalam membuat 200 ML sirup bawang putih tunggal untuk dijadikan obat herbal.
  1. 20  bawang tunggal yang ukurannya sedang.
  2. Jeruk nipis
  3. Madu secukupnya
  4. Umbi sarang semut
  5. Air secukupnya.

Dengan membuat obat herbal sirup dari bawang lanang ini berkhasiat sebagai :

  1. Mengobati Penyakit Asma,
  2. Menyembuhkan Penyakit Bronkitis,
  3. meningkatkan stamina tubuh
  4. mengobati Penyakit Hipertensi,
  5. Mengobati Penyakit Radang pada saluran kencing.
Membuat obat herbal dari bawang tunggal ini, maksudnya dalam memanfaatkan bawang putih sebagai obat herbal supaya lebih praktis dan tidak terganggu dengan aromanya yang menyengat ketika dimakan.

Manfaat bawang putih tunggal untuk mengusir Tuyul

Bawang putih tunggal beraroma sangat menyengat dibanding dengan lainnya,oleh sebab itu sebagian masyarakat menggunakan bawang putih tunggal ini untuk mengusir tuyul dan sebangsanya dengan cara menaruh bawang putih tunggal ini kedalam lemari,kotak,tas dll yang digunakan sebagai tempat penyimpanan uang.

Back To Top